• TANGGALAN

    November 2011
    S S R K J S M
    « Sep   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Pos-pos Terbaru

  • Kategori

  • HAND MADE

STRATEGI PENENTUAN HARGA

Harga barang menjadi sesuatu yang sangat penting, artinya bila harga barang terlalu mahal dapat mengakibatkan barang menjadi kurang laku, dan sebaliknya bila menjual terlalu murah, keuntungan yang didapat menjadi berkurang. Dalam pemilihan strategi penentuan harga dibutuhkan kecermatan dalam menentukan keseimbangan antara  keuntungan produsen dan penjual dengan pemberian kepuasan kepada pelanggan. Adanya kesalahan dalam menentukan strategi penetapan harga yang digunakan bisa memberikan dampak yang sangat fatal kepada kelangsungan hidup produk dan usaha.

Berikut beberapa strategi penentuan harga yang dapat diaplikasikan:

  1. Stretegi Penentuan Harga Pada Produk Baru
    1. Skimming Price adalah menetapkan harga awal yang tinggi ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama akan terus turun harganya.
    2. Penetration Price / Harga Penetrasi . Strategi harga penetrasi adalah menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen
    3. Stretegi Penentuan Harga Psikologis Konsumen
      1. Prestige Pricing / Harga Prestis. Strategi harga Prestige Price adalah menetapkan harga yang tinggi demi membentuk image kualitas produk yang tinggi yang umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty.
      2. Odd Pricing / Harga Ganjil . Strategi harga odd price adalah menetapkan harga yang ganjil atau sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yang akan dibeli lebih murah
      3. Multiple-Unit Pricing / Harga Rabat . Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak.
      4. Price Lining / Harga Lini . Strategi harga lining pricing adalah memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang beda.
      5. Leader Pricing / Pemimpin Harga . Strategi harga leader price adalah menetapkan harga lebih rendah daripada harga pasar / harga normal untuk meningkatkan omset penjualan / pembeli..
    4. Stretegi Penentuan Harga Diskon / Potongan Harga

Strategi harga diskon pada penjual adalah strategi dengan memberikan potongan harga dari harga yang duah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon dapat diberikan pada umum dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai / cash, trade discount.

  1. Stretegi Penentuan Harga Kompetitif
    1. Relative Pricing / Harga Relatif . Strategi harga relative price adalah menentukan harga di atas, di bawah atau sama dengan tingkat harga persaingan di mana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.
    2. Follow The Leader Pricing . Strategi harga follow the leader price adalah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan para pimpinan pasar / penimpin pasar dan tidak menetapkan harga sendiri.
    3. Stretegi Penentuan Harga Berdasar Biaya

Penetapan harga yang berpedoman pada biaya Cara yang ditempuh yaitu dengan menambah prosentase laba dan biaya atau dengan jalan menambahkan prosentase tertentu yang ditetapkan sebelumnya atas biaya produk tersebut.

  1. Stretegi Penentuan Harga Berorientasi Pada Permintaan

Penetapan harga berdasarkan permintaan adalah penetapan harga yang dihubungkan dengan harapan pelanggan dan situasi pembelian yang khusus. Misalnya :

  1. Kualitas atau bentuk produk tertentu
  2. Waktu tertentu
  3. Volume penjualan tertentu
  4. Stretegi Penentuan Harga Berdasarkan Nilai

Penentuan harga berdasarkan nilai (value pricing) merupakan penetapan harga berdasarkan manfaat dan harga produk. Semakin tinggi manfaat produk dan semakin rendah harganya maka semakin tinggi nilai produk tersebut. Manfaat dapat berupa kualitas, kehandalan, prestis, keistimewaan, garansi, merek, pilihan, pelayanan dan sebagainya.

 

MAU $50???

JANGAN LUPA MAMPIR DISINI, KALO MAU ANE KASIH UANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: