• TANGGALAN

    November 2011
    S S R K J S M
    « Sep   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Pos-pos Terbaru

  • Kategori

  • HAND MADE

RPP bag 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

 

Nama Sekolah                                   : SMA/ SMK

Mata Pelajaran                                  : Bahasa Jawa

Kelas/Program/ Semester         : XI/ 1

Pertemuan ke-                                   :15

Alokasi Waktu                                   : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi                     : Menulis

Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh

Kompetensi Dasar                        : 8.1  Menulis tembang macapat

 Indikator                                           :

1. Menulis tembag macapat

2.   Mengetahui cara menulis tembang macapat

A. Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik mampu Menulis tembag macapat

2.    Peserta didik mampu Mengetahui cara menulis tembang macapat

B. Materi Pembelajaran

(Naskah macaapat)

C. Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D. Skenario Pembelajaran

no Kegiatan Waktu
1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan peserta didik  tentang  macapat
  • Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang manfaat

keterampilan menulis macapat

 

Kegiatan Inti

2.1 Eksplorasi

  • Peserta didik mambaca naskah macapat
  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi  macapat yang dibaca

 

2.2 Elaborasi

  • Secara individu, peserta didik mengidentifikasi  macapat

yang dibacanya

  • Peserta didik menemukan kata-kata khusus dan ciri-ciri khusu berupa guru gatra, guru wilangan, dan guru lagudalam macapat
  • Peserta didik memaknai Kata-kata khusus yang ditemukan dalam wacana
  • Secara individu peserta didik menyebutkan watak dalam macapat.
  • Peserta didik menulis tembang macapat secara individu

 

2.3  Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas keterampilan peserta didik dalam manulis macapat
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

 

 

Penutup

 

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

 

  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi menulis macapat
5

 

 

 

 

 

 

 

75

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

E. Media/ Sumber Pembelajaran

  1. Piwulang Basa Jawa kelas XI.
  2. Buku ”KAWRUH BASA JAWAI”.
  3. LKS Kelas XI  (MGMP BASA JAWA).
  4. Rekaman macapat

F.  Penilaian

     terlampir

 

. ,    Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru  Mata Pelajaran

 

 

 

 

..                                                                                              ..

 

 

Satu Tanggapan

  1. Trims Dah mau share RPP ni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: