• TANGGALAN

    November 2011
    S S R K J S M
    « Sep   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Pos-pos Terbaru

  • Kategori

  • HAND MADE

RPP bag 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

 

Nama Sekolah                                   : SMA/ SMK

Mata Pelajaran                                  : Bahasa Jawa

Kelas/Program/ Semester          : XI/ 1

Pertemuan ke-                                   :14

Alokasi Waktu                                   : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi                     : Membaca

Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra berhuruf Latin maupun Jawa dengan berbagai keterampilan dan teknik membaca

Kompetensi Dasar                             : 7.1  mengapresiasi macapat

 Indikator                                           :

1. Menemukan tema macapat

2.   Mengidentifikasi kata-kata khusus dalam macapat

3.    Melafalkan kata-kata Secara tepat

4.    Melafalkan macapat dengan intonasi yang tepat

5.    Melafalkan macapat dengan aksen-tuasi yang sesuai

6.    Melafalkan macapat dengan tempo yang tepat

A. Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik mampu menemukan tema macapat

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi kata-kata khusus dalam macapat

3.    Peserta didik mampu melafalkan kata-kata secara tepat

4.    Peserta didik mampu melafalkan macapat dengan intonasi yang tepat

5.    Peserta didik mampu melafalkan macapat dengan aksentuasi yang sesuai

6.    Peserta didik mampu melafalkan macapat dengan tempo yang tepat

B. Materi Pembelajaran

(Naskah macapat)

C. Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D. Skenario Pembelajaran

no Kegiatan Waktu
1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan peserta didik  tentang  macapat yang akan dibaca
  • Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang manfaat

keterampilan membaca macapat

 

Kegiatan Inti

2.1 Eksplorasi

  • Peserta didik membaca Indah macapat
  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi  macapat yang dibacanya

 

2.2 Elaborasi

  • Secara berkelompok, peserta didik mengidentifikasi  macapat
  • yang dibacanya Peserta didik menemukan kata-kata khusus dalam macapat
  • Peserta didik memaknai Kata-kata khusus yang ditemukan dalam tembang macapat
  • Secara berkelompok peserta didik menemukan pokok-pokok isi macapat yang dibacanya Peserta didik menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi  macapat yang dibaca

 

2.3  Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas keterampilan peserta didik dalam membaca macapat
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

 

 

Penutup

 

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

 

  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi macapat
5

 

 

 

 

 

 

 

75

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

E. Media/ Sumber Pembelajaran

  1. Piwulang Basa Jawa kelas XI.
  2. Buku ”KAWRUH BASA JAWA”.
  3. LKS Kelas XI (MGMP BASA JAWA).
  4. Rekaman macapat

F.  Penilaian

      terlampir

 

 

 

. ,    Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru  Mata Pelajaran

 

 

 

 

..                                                                                              ..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: