• TANGGALAN

    November 2011
    S S R K J S M
    « Sep   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Pos-pos Terbaru

  • Kategori

  • HAND MADE

RPP bag 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

Nama Sekolah                                   : SMK .

Mata Pelajaran                                  : Bahasa Jawa

Kelas/Program/ Semester          : XI/ 1

Pertemuan ke-                                   : 12

 Alokasi Waktu                                  : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi                     :  Mendengarkan

Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra  dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

Kompetensi Dasar                             : 1.3 Mendengarkan tembang macapat yang disampaikan  secara langsung atau melalui rekaman

 Indikator                                           :

1.    Mampu mengartikan tembang macapat.

2.    Mengklasifikasikan jenis tembang macapat

3.    mengapresiasi tembang dengan teknik yang tepat

4.    mendiskusikan watak tembang macapat

A. Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik mampu mengartikan tembang macapat.

2.  Peserta didik mampu Mengklasifikasikan jenis tembang macapat

3.  Peserta didik mampu mengapresiasi tembang dengan teknik yang tepat

4.  Peserta didik mampu mendiskusikan watak tembang macapat.

B. Materi Pembelajaran

(Naskah atau rekaman tembang macapat)

C. Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D. Skenario Pembelajaran

NO Kegiatan Waktu
1 Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang hal-hal yang berkaitan dengan tembang macapat
  • Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang manfaat memiliki keterampilan membcakan tembang macapat.

 

5 Menit
2 2.1 Eksplorasi

  • Peserta didik berkelompok dan menyimak tembang macapat
  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi tembang macapat.

2.2  Elaborasi

  • Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan karakteristik macapat
  • Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan dan menerima pendapat secara terbuka, demokratis, dan toleran dalam menentukanmakna dalam tembang macapat.
  • Peserta didik bekerja keras mencari watak dalam tembang macapat.
  • Peserta didik menjelaskan isi , makna, dan watak yang terkandung dalam tembang macapat dengan ragam krama
  • Peserta didik lain menanggapi pemaparan mengenai isi, makna, dan watak serta memberikan apresiasi.

2.3 Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai tembang macpat
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
75 Menit
3 Penutup

  1. Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  2. Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang macapat
10 Menit

E. Media/ Sumber Pembelajaran

  1. Piwulang Basa Jawa kelas XI
  2. Buku ”KAWRUH BASA JAWAI”
  3. LKS Kelas XI (MGMP BASA JAWA)
  4. Rekaman dan naskah tembang macapat

F.  Penilaian

terlampir

.,          Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran

..                                                                                              ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: