• TANGGALAN

    November 2011
    S S R K J S M
    « Sep   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Pos-pos Terbaru

  • Kategori

  • HAND MADE

PROSEDUR PENENTUAN STRATEGI HARGA

Di  dalam proses penetapan strategi harga jual suatu produk atau barang ,hendaknya mengikuti prosedur yang akan digunakan untuk memberika gambaran dan dasar mengenai harga yang akan dicantumkan pada sebuah produk. Dengan dilakukan perencanaan yang matang melalui berbgai prosedur yang bisa digunaka, diharapkan produsen dapat menentukan strategi harga yang tepat guan memaksimalkan penjualan produk mereka ke paasar. Berikut adalah prosedur-prosedur yang sekiranya bisa diterapkan oleh sebuah perusahaan dalam menentukan strategi harga :

  1. Memilih Sasaran Harga

Sararn harga disini akan ditentukan oleh pertimbangan manajemen mengenai tujuan dari sasaran harga yang akan dituju. Misalnya untuk bertahan hidup, maksimalisasi keuntungan jangka pendek, volume penjualan, permintaan pasar, unggul  dalam  pangsa pasar,  persaingan, prestise atau status quo.

  1. Menentukan Permintaan

Langkah kedua, perusahaan menentukan permintaan yang  akan memperlihatkan  jumlah  produk yang akan dibeli  di pasar dalam periode tertentu, pada berbagai tingkat harga. Makin inelastis  permintaan, makin mampu  perusahaan  menaik-turunkan  harganya.

  1. Memperkirakan Biaya

Langkah ketiga ialah perusahaan memperkirakan perilaku biaya pada berbagai tingkat produksi. Perusahaan harus mengetahui bagaimana biaya bervariasi dengan berbagai tingkat produksi agar dapat menetapkan harga yang tepat.

  1. Menganalisis Biaya, Harga dan Penawaran Pesaing

Perusahaan  dapat menggunakan analisis biaya, permintaan pasar, biaya pesaing, harga pesaing dan kemungkinan reaksi pesaing sebagai dasar penetapan harga. Perusahaan juga perlu untuk membandingkan biayanya dengan biaya pesaing, apakah biaya produksinya lebih rendah atau lebih tinggi dan juga harga dan kualitas penawaran pesaing. Dengan mengetahui biaya, harga dan kualitas pesaing, perusahaan dapat menggunakan sebagai titik orientasi untuk menetapkan harga.

  1. Memilih Metode Penetapan/ Penentuan Harga

Kelima, perusahaan  memilih salah satu dari berbagai metode dan strategi harga yang akan digunakan untuk memilih harga akhir.

  1. Memilih Harga Akhir

Langkah terakhir  dalam prosedur penetapan harga jual adalah menentukan harga akhir, yang harus mencerminkan  cara-cara psikologis yang  paling  efektif, harus  reaksi-reaksi yang mungkin  timbul  dari distributor, dialer, tenaga penjualan perusahaan, pesaing,  peda­gang dan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: