Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Berhasil atau tidaknya proses belajar seorang individu juga dipengaruhi oleh banyak faktor baik itu faktor yang berasal dari dalam (intern), maupun faktor yang berasal dari luar dirinya (ekstern). Prestasi belajar siswa pada hakekatnya merupakan interaksi dari beberapa faktor.

Pengenalan  terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sangat penting dalam rangka membantu siswa dalam mencapai prestasi yang sebaik-baiknya. Menurut Ngalim Purwanto (2006: 112), faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah:

1)   Faktor yang ada pada diri organisme itu sendiri yang disebut faktor individual

2)   Faktor dari luar individu yang kita sebut faktor sosial

Yang termasuk dalam faktor individual antara lain: faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, motivasi dan faktor pribadi. Sedangkan yang dimaksud faktor sosial antara lain faktor keluarga/keadaan rumah, guru dan cara mengajarnya, alat yang digunakan dalam belajar-mengajarnya, lingkungan dan kesempatan yang tersedia.

 

Sedangkan menurut Dalyono (2005: 55) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu:

1)   Faktor internal (faktor yang berasal dari dalam)

Faktor ini meliputi kesehatan, intelegensi dan bakat, minat dan motivasi serta cara belajar, dan

2)   Faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar)

Faktor ini meliputi keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

 

Menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2003: 162) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar meliputi :

1)   Faktor-faktor dalam diri individu

a)    Aspek jasmaniah mencakup kondisi-kondisi dan kesehatan jasmani dari individu

b)   Aspek psikologis atau rohaniah menyangkut kondisi kesehatan psikis, kemampuan-kemampuan intelektual, sosial, psikomotorik, serta kondisi afektif dan kognitif dari individu

2)   Faktor lingkungan yaitu faktor-faktor dari luar diri siswa. Baik faktor fisik sosial-psikologis yang berada dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

 

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor yang berasal dari luar diri siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa lingkungan asrama memiliki kecenderungan untuk menjadi bagian dari faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dan gaya belajar memiliki kecenderungan untuk menjadi bagian dari faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: